Try Out UN Geografi

Simulasi Ujian Nasional Geografi

Simulasi Ujian Nasional Geografi 2019 coba simulasinya agar kamu siap menghadapi UN 2019. Ikut Try Out Online Ujian Nasional 2019 Di Pusatseleksi.

0 Hours 0 Minutes 0 Seconds

Step 1 of 5

20%
  • Bahasa Indonesia

  • 0 Hours 0 Minutes 0 Seconds



  • Pilihlah jawaban (A, B, C, D, atau E) yang dianggap paling tepat!


    Kota Wonosobo telah mereka lalui. Kondisi jalan mulai mengalami perubahan. Kini jalan lebih menanjak dan sempit berliku-liku. Bus meraung-raung menuju dataran tinggi Dieng. Di samping kanan tampak jurang menganga, tetapi pemandangan di kejauhan adalah hutan pinus yang menyelimuti punggung bukit dan bekas-bekas kawah yang memutih. Pemandangan itu melalaikan goncangan bus yang tak henti-hentinya berkelak-kelok. Sesekali atap rumah yang berderet-deret kelihatan di kejauhan. Perbukitan yang berjejer di kiri jalan bagaikan sesosok raksasa hijau yang tengah lelap dalam tidur siang.


  • Pemandangan itu melalaikan goncangan bus yang tak henti-hentinya berkelak-kelok.


  • Kondisi jalan mulai mengalami perubahan.


  • Di samping kanan tampak jurang menganga, tetapi pemandangan di kejauhan adalah hutan pinus yang menyelimuti punggung bukit dan bekas-bekas kawah yang memutih.


  • Sesekali atap rumah yang berderet-deret kelihatan di kejauhan.


  • Ibu Tuti senang sekali memakai kerudung putih.

    Kalimat di atas terdiri atas tiga frase, yaitu:

    Ibu Tuti, senang sekali memakai, kerudung putih.



  • Premis umum (PU) : Pemimpin yang jujur tidak mau melakukan korupsi.

    Premis khusus (PK) : ....................................

    Kesimpulan (K) : Pak Isa tidak mau melakukan korupsi


  • Kultur jaringan memberikan kemungkinan untuk mempercepat pembibitan.


  • Dengan ini mengajukan permohonan untuk diterima sebagai karyawan pada perusahaan yang Bapak pimpin, sesuai dengan pendidikan yang saya miliki. Bersama surat ini saya lampirkan pula:

    1. Fotokopi ijazah SMU

    2. Daftar riwayat hidup

    3. Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari polisi

    4. Tiga lembar pasfoto terakhir


  • Beberapa tahun yang lalu, Indonesia berhasil menjadi negara swasembada beras. Sangat membanggakan rasanya, apalagi kita sempat membantu beberapa negara yang memerlukan bantuan kemanusiaan. Kali ini kita merasa prihatin sebagai akibat dari kemarau panjang dan sistem keuangan dunia yang tidak sehat, Indonesia menjadi perhatian dunia. Banyak negara sahabat yang berupaya membantu Indonesia dari ketidakstabilan ekonomi.


  • Cermati penggunaan kata yang bercetak miring dalam kalimat berikut

    (1) Anak yang cantik itu senang memakai baju bersulam.

    (2) Kereta api jurusan Jakarta akan berangkat.

    (3) Mereka tidak berani melewati rumah berhantu.

    (4) Kupu-kupu itu beterbangan di dalam taman.

    (5) Pengunjung Plaza Tunjungan menggunakan tangga berjalan.


  • Hewan sangat membutuhkan air demikian halnya tumbuhan. Akar, batang, sampai daun membutuhkan air. Tumbuhan hidup berbunga, berbuah, dan meneruskan keturunannya karena adanya air dalam pohon. Bila tidak ada air, tumbuhan akan layu, gugur, dan akhirnya mati.


  • Pasangan Asia tidak mampu menguasai pertandingan sejak set pertama menghadapi Kournivoka dan Rubin.


  • Tujuan utama menanam cengkeh adalah untuk mendapatkan bunga dan gagang cengkeh cukup tinggi (1). Adapun daun cengkeh yang berserakan di kebun-kebun dipungut untuk disuling, merupakan hasil sampingan (2). Daun basah dikumpulkan kemudian dijemur sampai berwarna kuning kecoklatan (3). Daun ini kemudian dijual kepada penyuling dengan harga Rp3000 per kilogram (4). Di sana daun-daun itu disuling secara sederhana (5).


  • Cermati kalimat-kalimat berikut!
    (1) Ayah senang memelihara burung perkutut.
    (2) Burung perkutut sangat merdu suaranya.
    (3) Harga burung perkutut sangat mahal.
    Kalimat-kalimat tunggal tersebut dapat digabungkan menjadi kalimat majemuk bertingkat.


  • Lima belas orang tewas di lokasi penambangan emas liar Gunung Pongkor (1). Mereka tertimbun dalam gua sepanjang sepuluh meter (2). Hari itu hujan turun lebat sekali sehingga tanah di sekitar gua menjadi labil (3). Korban diduga tidak sempat menyelamatkan diri ketika reruntuhan tanah menutupi pintu gua (4). Sementara sembilan orang lainnya berhasil ke luar (5).


  • Hadirin yang kami hormati,


    Pemerintah siap mencarikan bantuan dana kemanusiaan, baik dari dalam maupun dari luar negeri untuk pembangunan daerah-daerah yang sedang dilanda konflik, seperti Aceh, Maluku, Irian Jaya, dan yang lainnya. Meski demikian, pemerintah masih belum mau menyebutkan jumlah dana khusus yang dialokasikan kepada masing-masing daerah.


  • Sebuah pabrik kue memproduksi jenis kue yang agak lain dari biasanya. Bentuknya artistik, aromanya khas dengan warna yang menggoda selera sehingga orang akan tertarik dan membeli kue tersebut. Pemilik pabrik memasarkan kue tersebut ke kota Bandung, Bogor, Jakarta, dan Jogjakarta ternyata disambut hangat oleh masyarakat kota tersebut. Akhirnya, pemilik pabrik berkesimpulan bahwa untuk konsumsi masyarakat kota besar lainnya seperti Medan, Surabaya, Semarang, dan lain-lain perlu diproduksi kue sejenis.


  • Bacalah silogisme berikut!

    Semua siswa yang sedang mengikuti ujian nasional harus tenang dan membaca soal-soal secara teliti agar jawabannya benar. Fahmi seorang siswa yang sedang mengikuti ujian nasional.



  • PU : Setiap orang yang ingin kuliah di PTN harus lulus ujian seleksi SPMB.

    K : Andi harus lulus ujian seleksi SPMB


  • 1. Kakak : Dik, cita-citamu setelah tamat SMA mau melanjutkan ke mana?

    2. Adik : Cita-citanya sekarang mau ke fakultas ekonomi saja.

    3. Kakak : Lah, mengapa ke fakultas ekonomi, kan kamu jurusan IPA?

    4. Adik : Tidak apa-apa Kak, dari IPA juga bisa masuk fakultas ekonomi.

    5. Kakak : Itu memang betul, tetapi mengapa dulu tidak memilih jurusan IPS saja.

    6. Adik : Begini, Kak, setelah saya mengikuti pelajaran ternyata di kelompok pelajaran IPA saya kurang merasa mampu. Tapi, di pelajaran umum saya lebih memahami. Oleh karena itu, mengubah cita-cita dulu ingin menjadi dokter.


  • Bacalah paragraf berikut!


    Jauh di pinggiran kota, matahari tepat berada di atas ubun-ubun. Hamparan gabah dijemur di Jalan aspal satu-satunya di kampung itu. Pak Boro sendirian menunggu gabah miliknya, duduk terkantuk-kantuk di bawah pohon kapuk. Angin tengah hari sesekali membawa lari wangi bunga-bunga gempol.


  • Pak, pohon pepaya di pekaranganku telah dirobohkan dengan tak semena-mena, tidaklah sepatutnya hal itu kulaporkan? Itu benar, tapi jangan melebih-lebihkan. Ingat, yang harus diutamakan ialah kerukunan kampung. Soal kecil dibesar-besarkan bisa mengakibatkan kericuhan dalam kampung. Setiap soal mesti diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Tidak boleh main seruduk. Masih ingatkah kau pada peristiwa Dullah dan Bidin tempo hari ? Hanya karena soal dua kilo beras, seorang kehilangan nyawa dan yang lain meringkuk di penjara.


    Cerpen Gerhana : Muhammad Ali

  • Penulisan daftar pustaka yang benar adalah


    A. R.A. Kartini. 1987. Habis Gelap Terbitlah Terang. Jakarta: Balai Pustaka

    B. Keraf, Gorys. 1985. Argumentasi dan Narasi. Ende Flores: Pustaka Jaya.

    C. Gorys, Keraf. 1985. Argumentasi dan Narasi. Ende Flores: Pustaka Jaya

    D. Kridalaksana, Harimukti dan Kentjono, Joko, Seminar Bahasa Indonesia 1968, Ende Flores: Nusa Indah, 1971

    E. Rosidi, Ayip. 1977. Laut Biru Langit Biru, Pustaka Jaya, Jakarta


  • Cermati data grafik dengan saksama untuk soal 31 dan 32!



  • Cermatilah topik dan kalimat penjelas dalam paragraf berikut!


    Topik deskripsi : Suasana malam.

    (1) Udara malam sangat lembab dan basah.

    (2) Rintik-rintik hujan masih tampak di sela-sela kilat.

    (3) Orang lalu-lalang pulang ke rumah.

    (4) Di langit tidak terlihat bintang.

    (5) Kelelawar terbang di malam hari.


  • Bacalah teks berikut dengan seksama!


    Kenakalan remaja seperti perkelahian antar sekolah atau kebut-kebutan di jalan sebenarnya bukan hal baru. Kenakalan itu pada dasarnya disebabkan oleh kelebihan energi para remaja. Energi mereka berlebih dan tidak disalurkan dengan positif. Hal ini sesuai dengan sifat remaja yang selalu dinamis. Mereka memerlukan bimbingan untuk penyaluran energinya itu. Di sini sekolah mempunyai peran yang sangat penting untuk membimbingnya. Sekolah harus mengarahkan mereka untuk melakukan kegiatan yang lebih berguna seperti olahraga, musik, bakti sosial, tulis menulis, dan sebagainya. Dengan kegiatan tersebut, berarti sekolah telah menyalurkan energi siswa sehingga tidak sempat berbuat negatif.


  • Tema karya tulis: Perlindungan terhadap perokok pasif


  • Cermati Paragraf Berikut!


    Bagi photografer propesional, kwalitas adalah segalanya. Kekurangan kamera digital, beberapa waktu lalu. Terutama berasal dari kecilnya resolusi yang dihasilkan oleh Megafixel saja tidaklah cukup bagi kalangan propesional.


  • Cermatilah penggunaan majas dalam kutipan karya sastra berikut!


    Taman sari yang indah terasa neraka bagi Sinta. Bunga-bunga yang bermekaran seolah menertawakan dirinya. Angin semilir yang berhembus membisikan celoteh hinaan menyakitkan “Ah, kasihan kau, Sinta! Wajahmu nan jelita mengusam karena Rama kekasihmu tidak lagi memikirkan kamu, apalagi percaya kesetiaanmu!” Sinta berjalan hilir mudik. Tangannya mengepal. Mulutnya komat-kamit. Hilanglah sudah hari-hari indah. Musnah sudah asmara yang dijalaninya dengan Pangeran Ramawijaya, begitu ia melihat seekor kijang jinak menari-nari di depan tempat ia memadu kasih.


  • Pahami isi dialog berikut dengan seksama!


    Hanif : Nis, tadi siang kira-kira pukul 14.00 terjadi tawuran antar pelajar di Jalan Raya Bogor Km 29. Kelihatannya ada yang luka-luka dan saat itu juga ada polisi yang datang.

    Ninis : Antara siapa dengan siapa?

    Hanif : Tidak jelas, karena aku melihatnya dari dalam bus.

    Ninis : Heran, zaman sekarang masih saja tawuran. Untuk apa? Lagipula akibatnya …

    Hanif : Ya, benar. Aku setuju. Tidak ada gunanya tawuran. Yang ada adalah rasa sakit dan penyesalan.


    Bak kata peribahasa


  • Bacalah keenam kalimat di bawah ini!


    1. Dalam hal ini, pemandu harus dilengkapi dengan kemampuan menjelaskan secara rinci kepada wisatawan.

    2. Dalam menjual pariwisata, terutama ketika masuk sentra-sentra kerajinan, peran pemandu amat besar.

    3. Mereka perlu penjelasan yang rinci dan lugas tentang apa yang dilihatnya

    4. Dengan demikian, mereka akan mendapatkan suatu pengalaman yang luar biasa.

    5. Wisatawan tidak hanya dibiarkan melihat demonstrasi proses produksi kerajinan tanpa penjelasan

    6. Misalnya, ketika menyaksikan demonstrasi proses pemintalan sutra, mereka harus diberi penjelasan tentang proses ini mulai dari pengadaan bahan hingga maksud pemintalan.


  • PU : ...

    PK : Richard Sambera atlet olimpiade.

    K : Richard Sambera wajib mengikuti tes doping.


  • PU : Setiap karya ilmiah harus ditulis menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

    PK : Makalah seminar termasuk karya ilmiah.

    K : ....


  • Ada dua macam sarana pendidikan, yaitu pendidikan formal dan nonformal. Pendidikan formal memiliki standar kurikulum yang sudah ditentukan oleh pemerintah, seperti SD, SLTP, SMU/SMK, dan lain sebagainya. Pendidikan nonformal seperti kursus-kursus, biasanya menyusun kurikulum sendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kebijakan lembaga yang bersangkutan.


  • Aparat keamanan dan Pemda DKI Jakarta akan membongkar bangunan-bangunan di tempat perjudian yang sering menimbulkan keributan itu. Pembongkaran akan dilakukan dalam waktu dekat. “Saya heran,” kata seorang warga, “dari dulu tempat ini tidak pernah aman.” Namun demikian, ia pun tidak setuju bangunan itu dibongkar, cukup ditertibkan saja dan ditempatkan aparat keamanan di sana.


  • Anak Pak Lurah sangat cantik.


  • Dipenogoro

    .................

    Pedang di kiri keris di kanan

    Berselempang semangat yang tak bisa mati

    Maju

    Ini barisan berderang berpalu

    Kepercayaan tanda menyerbu

    (Chairil Anwar)


  • Teks untuk soal nomor 48 dan 49!


    “Bung, tolong matikan rokoknya. Bus ini akan tambah pengap dengan asap rokok Bung!”

    ”Iya, tolong matikan rokoknya,” kata penumpang lain.

    Tapi pemuda itu tenang-tenang saja sambil terus mengepulkan asap rokok dengan nikmatnya.

    ”Bung, tidak dengar, ya?”

    Pemuda itu menatapnya tajam.

    ”Peduli apa, Pak. Tak ada larangan merokok dalam bus ini. Apa saya harus minta permisi dulu untuk merokok” katanya ketus.


    Asap-Asap Rokok, oleh Hidayat M.


  • Penulisan identitas pelamar kerja yang sesuai dengan EYD adalah


    A. Pilihan A

    Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

    Nama : Febriyanti

    Tempat, tanggal lahir : Yogyakarta, 11 Juli 1985

    Pendidikan terakhir : S 1 (Sarjana Sastra)

    Agama : Islam

    Dengan ini mengajukan lamaran untuk bekerja di kantor Bapak.


    B. Pilihan B

    Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

    nama : Febriyanti

    tempat, tanggal lahir : Yogyakarta, 11 Juli 1985

    pendidikan terakhir : S 1 (Sarjana Sastra)

    agama : Islam

    dengan ini mengajukan lamaran untuk bekerja di kantor Bapak.


    C. Pilihan C

    Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

    Nama : Febriyanti

    Tempat/tanggal lahir : Yogyakarta, 11 Juli 1985

    Pendidikan terakhir : S 1 (Sarjana Sastra)

    Agama : Islam

    dengan ini mengajukan lamaran untuk bekerja di kantor Bapak.


    D. Pilihan D

    Saya yang bertanda tangan di bawah ini;

    nama : Febriyanti

    tempat dan tanggal lahir :Yogyakarta, 11 Juli 1985

    pendidikan terakhir : S 1 (Sarjana Sastra)

    agama : Islam

    dengan ini mengajukan lamaran untuk bekerja dikantor Bapak.


    E. Pilihan E

    Saya yang bertanda tangan di bawah ini

    Nama : Febriyanti

    Tempat/tgl.lahir : Yogyakarta, 11 Juli 1985

    Pendidikan terakhir : S 1 (Sarjana Sastra)

    Agama : Islam

    Dengan ini mengajukan lamaran untuk bekerja di kantor Bapak.